Monday 16 July 2012

Website online – Hosting dan Domain

No comments
10.1 Domain

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasinama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupuninternet.
• Top level domain adalah domain yang berada di tingkat atas.Selanjutnya terdapat 2 macam toplevel domain, yaitu Generic Domain (gTLD) dan Country code Domain(ccTLDs).
• Generic (gTLD)
Generic top level domain adalah salah satu kategori TLD yang tidak berafilisasiberdasarkan Negara sehingga siapapun dapat mendaftar pada domain ini.
• Country-Specific Domain (ccTLDs)ccTLD adalah TLD yang disediakan untuk satu Negara. Nama-nama domain yangtermasuk dalam Country-Specific Domain tidak ada yang sama di tiap Negara sehinggatidak akan dijumpai situs yang tertukar. Contoh dari ccTLDS adalah sebagai berikut:
• Second level domain (SLD)
adalah sebuah domain yang berada dibawah top level domain. Misalnya pada contoh sebelumnya www.yahoo.com, “yahoo” adalah second level domain dari TLD *.com. Beberapaorganisasi dapat mendaftarkan nama domain beserta hirarki level kedua untuk sebuah TLD yangmendefinisikan tipe organisasi tersebut. Sebagai contoh pada TLD *.id, sebuah universitas berada dibawah ccTLD *.ac.id, sedangkan untuk keperluan pemerintah digunakan ccTDL *.go.id.
• Third level domain
digunakan apabila si pendaftar domain ingin lebihmembedakan SLD nya, misalnya www.mail.yahoo.com, “mail” adalah third level domain dari ccTLD *.yahoo.com.

10.2 Hosting


Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-serveruntuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.space yang disediakan suatu perusahaan jasa hosting untuk menaruh file-file website sehingga website kita dapat diakses oleh semua orang. Layanan hosting ada yang berbayar ada pula yang gratis,tergantung dengan junlah space dan bandwidth yang disediakan serta fitur-fitur tambhan yang ditawarkan seperti spam filter,virus protection dll.Beberapa penyedia layanan hosting biasanya juga menyediakan domain untuk pelangganya.
Contoh penyedia layanan hosting :
Freehostia.com
000webhost.com
Justfreehost.com
Doteasy.com
Hostingjitu.com
Xtreemhost.com
000space.com
Idwebhost.com

dll

10.3 CMS

Content Management System atau CMS merupakan sebuah software berbasis web , yang digunakan untuk mengelola konten/isi yang terdapat dalam sebuah web. Untuk membuat sebuah website dengan CMS relatif cukup mudah dan cepat karena kalau kita analogikan CMS itu seperti sebuah Operating System Dalam sebuah komputer (windows,linux, Mac OS) yang dibuat untuk memudahkan penggunanya sehingga kita bisa mengelola komputer kita dengan relatif cukup mudah, begitupun dengan CMS dibuat sedemikian hingga agar penggunanya mudah untuk menambah dan mengelola isi yang ada dalam sebuah website.

Berikut dibawah ini pemanfaatan CMS:
• Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
• Galeri foto
• Aplikasi E-Commerce.
• Mengelola website pribadi / blog.
• Dan lain-lain.

10.4 Contoh-contoh CMS
10.4.1 Vbulletin

Vbulletin adalah salah satu CMS yang sering digunakan untuk membangun website komunitas selain phpBB. vBulletin dikembangkan dengan menggunakan PHP dan MySQL (yang sangat efisien database open source).Sealin karena fungsi utama untuk vbulletin memang untuk membangun website forum berbeda dengan joomla yang lebih bersifat general.

10.4.2 JOOMLA

Joomla adalah sebuah Content Management System yang bersifat Open Source sehingga dapat digunakan oleh siapa saja untuk keperluan pembuatan website, mulai dari yang sangat sederhana sampai dengan website yang sangat kompleks. Berikut beberapa jenis website yang dapat dibangun dengan Joomla:
Website e-commerce
Website untuk perusahaan kecil
Website untuk organisasi Non-profit
Website untuk Pemerintah
Website untuk keperluan internet
Website untuk sekolah dan Perguruan Tinggi
Website Pribadi atau blog
Website untuk komunitas dan portal
Website untuk majalah, koran, dan

dll

Begitu banyak aplikasi yang dapat ditangani oleh Joomla, tak heran kalau Joomla menjadi pilihan banyak orang dalam pembuatan website-nya. Di samping itu, Joomla juga mudah di installasi, mudah dalam pengelolaannya dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.

10.4.3 OSCOMMERCE

Oscommerce merupakan salah satu CMS yang sering digunakan untuk membangun tookonline atau e commerce.Salah satu kelebiah oscommerce selain bersifat Open source adalh karena kemduahan instalasi,jumlah barang yang tak terbatas serta multi language.Selain itu sebagai CMS yang dikhususkan untuk mebangun website e-commerce maka oscommerce juga dapat digunakan untuk melayani pembayaran melalui berbagai macam transfer termasuk melaui rekening bank lokal..Saat ini cukup banyak toko online yang juga dibangun

10.5 Cara Mendaftar domain dan hosting

Domain dan hosting merupakan dua hal yang sangat penting dalam membangun sebuah website.Karena tanpa domain dan hosting maka wesite kita tidak akan bisa diakses orang lain melalui internet.Saat ini terdapat banyak sekali penyedia layanan hosting dan domain di internet.
hosting menggunakan freehostia.com dan domain menggunakan .co.cc Pertama kali bukalah http.co.cc maka akan muncul halaman seperti ini setelah muncul seperti gambar diatas,isikan nama domain andatanpa spasi, sebagai contoh disini saya tulis “praktikuminternet“. lalu klik pada “check availability”.

1.dns1.freehostia.com
2. dns1.freehostia.com
First Name :diisi dengan nama depan
Last Name : diisi denagn nama belakang
E-mail: diisi dengan email yan nantinya akan digunakan sebagai sarana komunikasi

dengan user
Phone : diisi dengan nomor telepon
Adress : diisi dengan alamat user
City : diisi dengan kota
Stae : diisi dengab negar user
Zip: diisi dengan kode pos

Setelah terisi dan menyalin kode captcha yang tertera semua maka pilih Continue dan

Ini tandanya hosting anda telah siap.Kemudian anda akan mendapatkan username,password serta panduan Kemudian kembali ke setting domain.Pada halamaKlik setup,kemudian akan munculPilih Name server dan masukan:

1.dns1.freehostia.com
2. dns1.freehostia.com

Dan klik setup,maka domain anda akan siap 48 jam kemudian.

No comments :

Post a Comment